Sabtu, 05 November 2011

Mengedit Slax Module - Membuat Password di Slax

Kemudahan memakai distro Slax dan turunannya adalah kemudahan modifikasinya, penambahan aplikasi-aplikasi baru, pengurangan perangkat yang tidak diperlukan, pengubahan tampilan dan utility, dan sebagainya tanpa harus mengubahnya sebagai file iso. Modifikasi ini hanya melibatkan module yang dapat di-download di http://www.slax.org/modules.php.

Contoh modifikasi Slax adalah mengubah atau membuat password root pada Slax. Slax pada USB kita dapat diberi password supaya hanya pemiliknya saja yang dapat mengaksesnya. Caranya yaitu dengan mengedit module 001-core.lzm. Pertama, booting lewat Slax dari USB, copy module tersebut ke direktori home dan ekstrak module tersebut. Lalu, buka konsole dan ketik perintah chroot ke folder yang telah diekstrak. Kemudian, masukkan perintah passwd untuk membuat password root. Terakhir, kompres folder tersebut menjadi module yang baru.

NB: Ingat, jangan lupa copy module yang telah dibuat tersebut ke dalam USB kita. Password pada Slax ini hanya berlaku untuk booting melalui text mode saja dengan cara mengubah file *.cfg di folder /boot.

Berikut ini adalah screenshot contohnya. 001-core.lzm di-rename menjadi 001-system.lzm.









.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar